Calon Perawat Indonesia Ikuti Kelas Pemantapan di Osaka

(Osaka-Jepang) Menjelang ujian nasional keperawatan pada Februari 2011, calon perawat Indonesia, Rabu (29/12) mengikuti kelas pemantapan di Kota Suita-shi, Prefektur Osaka.


Kelas berdurasi 6 jam yang berlangsung selama 3 hari 2 malam, dan membekali para peserta dengan pengetahuan mengenai masyarakat dan sistem pemerintahan Jepang, serta mempersiapkan mental untuk menjadi calon perawat yang berkualitas.


Program beasiswa dan pelatihan bagi calon perawat serta pengasuh lansia merupakan rencana yang diusulkan organisasi Garuda Supporters, dan salah satu bagian dari perjanjian kemitraan ekonomi (Economic Partnership Agreement/EPA) antara Indonesia-Jepang.


Menurut data dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Osaka, calon perawat dan pengasuh lansia yang datang ke Jepang sampai saat ini terdapat dalam dua gelombang. Gelombang pertama yang tiba sejak tahun 2008 sebanyak 208 orang. Sedangkan gelombang kedua sebanyak 362 orang.


Sementara, menurut berita yang dilansir Asahi, jumlah peserta asal Indonesia dan Filipina yang akan mengikuti ujian nasional keperawatan gelombang kedua berjumlah 336 orang.

Calon perawat diwajibkan kembali ke negara asalnya, apabila dalam tiga tahun masa percobaan, peserta gagal lulus ujian negara untuk mendapatkan sertifikat keperawatan di Jepang.

Sementara, bagi peserta angkatan pertama yang mengikuti program pada tahun 2008, ujian pada bulan Februari mendatang merupakan kesempatan terakhir dan penentu bagi mereka.


Yono Karjono (28 tahun), salah seorang calon perawat asal Prefektur Nara, menyatakan, "Akhirnya sudah 70 persen saya menjalankan program keperawatan di Jepang. Tahun 2011 merupakan kesempatan terakhir saya. Meskipun tegang, saya ingin lulus ujian."


Kementerian Kesehatan, Kesejahteraan dan Tenaga Kerja (Kousei Roudou-shou) berencana mencantumkan kata dalam bahasa Inggris untuk menjelaskan istilah kanji, sepeti nama penyakit, dalam ujian keperawatan mulai tahun 2011. Selain itu, ujian bagi calon perawat juga akan dipermudah dengan menambahkan huruf furigana pada kanji yang sulit (Yuki/AN)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar